Ketika Stochastic dan OsMA Bercerita Tentang Divergensi

Kali ini, saya cuma ingin sharing info tentang divergensi pada indikator Stochastic dan OsMA. Secara umum, pengertian divergensi adalah, ketika indikator bergerak cenderung berlawanan dengan runing harga, ketika pada saat-saat ia mendekati dan berusaha menembus level-level support atau resistant terdahulu.

Pengertian secara umum ini barangkali lebih tepat atau lebih cocok, atau dapat terlihat, pada Time Frame yang lebih besar dari sekadar 15 menit sampai dengan 1 jam (saya lebih suka melihat/menangkap indikasi ini pada TF 4H atau 4 jam).

Pada time frame yang lebih kecil, tentu saja dapat terlihat, biasanya pada saat detik-detik menjelang news (data fundamental) dan sesudahnya. Tapi tingkat resiko pada time frame yang lebih kecil barangkali malah lebih tinggi kecuali jika kita meletakkan take profit (dan stop loss) yang lebih moderat ketimbang pada time frame yang lebih besar.

Pada time frame yang lebih besar (4H), kecenderungan bahwa running harga pada akhirnya "takluk" dengan situasi divergence, persentasenya (dengan terpaksa saya mengatakan) lebih besar. Mengapa? Karena pengalaman saya berkata demikian.

Lantas, bagaimana menyikapi situasi divergensi ini? Jika kita adalah trader yang agresif, barangkali averaging position adalah jawabannya. Namun bila kita adalah trader yang moderat, mungkin mencuri posisi pada time frame yang lebih kecil (misalnya TF 15 menit) adalah lebih bijak dan tepat. Saya sendiri, lebih menyukai sikap yang moderat, karena bagi saya memperkecil tingkat loss itu adalah bagian dari seni pengaturan strategi dan antisipasi pergerakan harga (selain tentu saja, Money Management). Karena bagaimanapun, tingkat resiko (loss) divergensi ini selalu saja membayangi (jangan lupa bahwa indikator apapun sifatnya selalu follower terhadap harga), meskipun pengalaman saya mengatakan bahwa indikasi divergensi pada time frame 4H sebagian besar dapat mengantisipasi pergerakan harga berikutnya.

Ilustrasi/gambar di atas adalah sekadar contoh saja, ketika indikator Stochastic dan Osma, bercerita tentang Bullish Divergence...

~ 1 April 2010 ~